JADWAL KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU 

FAKULTAS PERTANIAN UNLAM TAHUN AKADEMIK 2012/2013

NO

KEGIATAN

SNMPTN

MANDIRI

UNDANGAN

UJIAN TULIS

SENYUM I

SENYUM II

1.

Pendaftaran

01 Pebruari –

08 Maret 2012

10 – 31 Mei 2012

09 Januari –

14 Juli 2012

23 Juli –

04 Agustus 2012

2.

Ujian Tulis

Tidak ada

12 – 13 Juni 2012

18 Juli 2012

06 Agustus 2012

3.

Pengumuman Ujian Tulis

25 Mei 2012

07 Juli 2012

26 Juli 2012

08 Agustus 2012

4.

Tes Kesehatan/ NAFZA

04 Juni 2012

09 – 12 Juli 2012

27 – 28 Juli 2012

09 – 13 Agustus 2012

5.

Pengumuman Hasil Akhir

30 Juli 2012

14 Agustus 2012

6.

Daftar Ulang

06 – 07 Juni 2012

16 – 28 Juli 2012

30 Juli –

04 Agustus 2012

14 – 16 Agustus 2012

7.

Pendidikan Karakter dan P2B

30 Agustus – 03 September 2012

8.

Perkuliahan

Semester Ganjil

Posted by: Faperta Unlam | November 8, 2010

PRODI TIP: SEMINAR NASIONAL DAN PAMERAN PRODUK PANGAN

Program Studi Teknologi Industri Pertanian (TIP) bekerja sama dengan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan menyelenggarakan sebuah acara seminar dan pameran produk pangan dengan bertemakan “Industrialisasi dan Komersialisasi Pangan Lokal dalam Menunjang Diversifikasi Pangan”. Kegiatan yang diadakan pada hari Sabtu tanggal 23 Oktober 2010 ini menghadirkan lima orang narasumber dari berbagai pihak terkait dengan industrialisasi dan komersialisasi pangan ini antara lain ahli pangan dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB (Dr. Dahrulsyah), Kepala Pusat Konsumsi dan Keamanan Pangan (Ir. Mulyono Machmur, MS), ASPM PT Indofood CBP Sukses Makmur, yang merupakan wakil dari pelaku industri (Chadra Hin), Pembina UKM Tunggal Rasa Jawa Timur (Ir. Suroto), serta Ketua Prodi Teknologi Industri Pertanian, yang merupakan satu-satunya program studi di Kalimantan yang sangat berkompeten dalam bidang ini (Ir. Tanwirul Millati, MP).

Para narasumber yang sangat berkompeten di bidangnya

Para narasumber memberikan presentasi yang sangat menarik terkait dengan bidang masing-masing, Dr Dahrulsyah menyampaikan tentang peran teknologi pertanian dalam pengembangan agroindustri berbasiskan pangan lokal untuk mendukung diversifikasi pangan. Sedangkan Ir. Suroto selaku pembina UKM memberikan materi mengenai peran serta UKM dalam komersialisasi pangan lokal dalam rangka diversifikasi pangan dan perubahan pola konsumsi masyarakat. Sedangkan Chandra Hin, selaku ASPM PT Indofood menjelaskan berbagai peran industri dalam komersialisasi pangan.

Para peserta memadati aula gedung DPRD Kota Banjarbaru

Kegiatan yang diadakan di Aula DPRD Kota Banjarbaru ini dihadiri oleh lebih dari 300 peserta yang datang dari kalangan pemerintahan, pemerhati pangan, pelaku industri, serta mahasiswa dari berbagai Prodi di Unlam maupun universitas lainnya. Para peserta mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias, selain juga disuguhkan pameran produk pangan oleh para mahasiswa Prodi Teknologi Industri Pertanian Unlam. Selaku sponsor, PT Indofood juga mendirikan stand produk yang menawarkan mie goreng gratis siap santap, serta berbagai bonus buku resep masakan mi yang sangat menarik bagi para pengunjung yang membeli produk mereka. (by: AGN)

Mahasiswi TIP yang maniz maniz sedang menyuguhkan beraneka ragam produk pangan lokal

Posted by: Faperta Unlam | November 7, 2010

KULIAH UMUM PROSPEK BIOTEKNOLOGI TANAMAN

Sudah menjadi agenda rutin dari Fakultas Pertanian yaitu kuliah umum atau studium generale dengan mendatangkan berbagai pakar/ahli pada bidang yang terkait. Untuk kali ini kuliah umum diisi dengan tema “Prospek Bioteknologi Tanaman” yang disampaikan oleh Ibu Dr. Endang Semiarti, M.Sc dari Jogjakarta yang diselenggarakan pada tanggal 5 November yang lalu. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula HBI (Hasan Basry) ini dihadiri oleh lebih dari 200 peserta baik dari internal Fakultas Pertanian (dosen dan mahasiswa) maupun dari masyarakat umum pemerhati bidang bioteknologi.

Suasana kuliah umum Prospek Bioteknologi Tanaman

Ibu Dr. Endang Semiarti sedang memberikan kuliah

Posted by: Faperta Unlam | November 7, 2010

Pelepasan Sarjana Fakultas Pertanian Yudisium ke-132 dan 133

Para pimpinan Fakultas Pertanian dan Ketua Program Studi yang meluluskan sarjana

Foto bersama para calon wisudawan dengan pimpinan fakultas dan ketua program studi

Para orang tua dari calon wisudawan yang berbahagia menyaksikan putra-putrinya akan diwisuda sebentar lagi

Posted by: Faperta Unlam | November 7, 2010

Halal Bihalal dan Syukuran Dies Natalis ke-49 Fakultas Pertanian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pada tanggal 2 Oktober 2010 Fakultas Pertanian bekerja sama dengan Himpunan Alumni Fakultas Pertanian (HAFTAN) mengadakan acara halal bihalal dan syukuran dies natalis ke-49, sekaligus pelepasan haji dan purna tugas dosen/karyawan. Acara yang diadakan di Aula Hasan Basri (HBI) ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika Fakultas Pertanian yang meliputi manajemen, staf dosen, staf administrasi dan teknisi, mahasiswa serta para alumni yang tergabung dalam HAFTAN. Walaupun sederhana, acara berlangsung sangat khidmat dan penuh dengan suasana kekeluargaan yang menjadi ciri khas Fakultas Pertanian, dengan diisi siraman rohani serta penampilan pertunjukan rebana dari BEM Faperta.

Selama dua hari berturut-turut tim BAN PT melakukan evaluasi (Visitasi) akreditasi program studi IHPT, yaitu Jum’at, dan Sabtu, 18-19 Juni 2010.  Tim Visitasi yang berkunjung adalah Prof. Dr. Ir. A. Latif Abadi, MS. (dari Fak. Pertanian Univ. Brawijaya) dan Dr. Ir.  Sedyo Hartono, M.Agr. dari Fak. Pertanian UGM.  Jadwal acara evaluasi dimulai dengan mengadakan pertemuan dengan Pimpinan Fakultas dan Tim Penyusun Borang,  Pimpinan Fakultas Pertanian hadir secara lengkap, Dekan, Pembantu Dekan dan Ketua Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan.  Acara dimulai tepat pukul 08.00, bertempat di Ruang Sidang Fakultas Pertanian Lantai III.  Acara berlangsung hikmat dan santai, semua pertanyaan dan saran-saran dari tim visitasi banyak bersifat meluruskan dan memperbaiki data-data yang telah dipelajari oleh tim visitasi.

Acara selanjutnya adalah evaluasi dan diskusi dengan mahasiswa, dalam hal ini adalah mahasiswa yang masih aktif dan sedang melaksanakan penelitian.  Acara dimulai tepat pukul 13.30. bertempat di ruang siding HPT.  Sebanyak 20 orang mahasiswa terlibat pada evaluasi ini, tim banyak menggali informasi dan konfirmasi dari apa yang telah disampaikan oleh pimpinan Fakultas pada diskusi terdahulu, pada kesempatan ini juga tim visitasi berkesempatan untuk berdiskusi dengan para Alumni Program Studi IHPT (Ir. Faulina dari BPTPH Kal-Sel, Ir. Mahdiyat Pengusaha Swasta di Banjarbaru Banjarmasin, dan Agus Suarno, SP. Manajer Pemasaran PT Sang Hyang Sri Cabang Kalimantan).  Setelah selesai kemudian dilanjutkan dengan evaluasi dan diskusi dengan staf pengajar Jurusan HPT.  Dengan dipimpin langsung oleh Ketua Jurusan HPT (Prof. Dr. Ir. H. A. Gazali, MS.) diskusi dimulai sekitar pukul 16.30. di ruang siding HPT, dihadiri oleh sebagian staf pengajar HPT, diskusi berlangsung lancar dan lebih banyak menggali dan mengkonfirmasi tentang laporan BORANG yang telah disampaikan terdahului ke pihak BAN PT. Acara diskusi ini berakhir pada pukul 20.30 Wita.

Pada hari kedua Tim Visitasi melakukan kunjungan ke Laboratorium-Laboratorium, yaitui 1. Lab Ento-Fito, 2. Lab Pengendalian Hayati, 3. Lab. Peramalan OPT, 4. Klinik Tanaman, 5. Rumah Kaca Ento-Fito.  Kunjungan didampingi oleh masing-masing kepala Laboratorium dan sekretaris Lab, serta laboran.  Tim Visitasi lebih banyak mengkonfirmasi mengenai data-data tentang laboratorium terasebut dengan kenyataan di lapangan.

Kegiatan selanjutnya adalah Tim visitasi ingin mengetahui laboratorium lapangan, dalam hal ini tim berkunjung ke Kebun Percobaan Tanaman Padi Sei Rangas Kabupaten Banjar.  Ditemani oleh staf pengajar jurusan HPT, tim melakukan perjalanan selama hamper satu jam ke lokasi tersebut.  Kunjungan Tim Visitasi BAN PT berakhir pada Sabtu, 19 Juni 2010 pukul 18.00 Wita, dan langsung diantar keBandara secara bersama-sama oleh staf pengajar Jurusan HPT.

Berita ini sekaligus sebagai informasi atau edaran pertama mengenai kegiatan seminar nasional yang akan diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan Fakultas Pertanian UNLAM. Seminar ini akan dilaksanakan melalui kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Bakorluh dan Badan Ketahanan Pangan serta BPTPH Kal-sel. Topik yang akan diambil dalam seminar ini adalah mengenai Peningkatan Peran Penyuluh Pertanian, PHP-OPT dan Kelompok Tani dalam Rangka Mendukung Program Ketahanan Pangan di Kalimantan Selatan.  Pembicara kunci adalah Kepala Badan pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (Dr. Ir. Ato Suprapto, MS.) dan nara sumber lokal dari Badan Ketahanan Pangan Kal-Sel dan BPTPH serta dari Pakar Fakultas Pertanian UNLAM.

Kegiatan seminar ini akan dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Juli 2010 bertempat Aula Fakultas Pertanian Kampus UNLAM Banjarbaru.  Acara in rencananya akan dibuka oleh Gubernur Kepala Daerah Kal-Sel dan ditutup oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura.  Peserta terbatas hanya sekitar 150 orang sesuai dengan kapasitas ruangan, dan setiap peserta akan mendapatkan bahan/makalah seminar, sertifikat, dan snack, makan siang.  Sebagai konstribusi peserta diminta untuk membayar sebesar Rp. 50.000,-. Jika ingin mendaftar dapat menghubungi panitia (Yusriadi telp. 0511 7681537)

Posted by: Faperta Unlam | June 1, 2010

PESTA FUTSAL COMPETITION 2010 FAPERTA UNLAM

Pesta Futsal Competition merupakan ajang bergengsi pertandingan futsal yang terbuka untuk umum di wilayah Kalselteng. Tahun 2010 ini, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Pertanian bekerja sama dengan Media Kalimantan Organizer menjadi pihak penyelenggara perhelatan akbar ini. Kompetisi yang digelar selama hampir tiga minggu ini (3 Mei sampai dengan 22 Mei 2010) terbuka untuk umum bagi kalangan pelajar, mahasiswa, perusahaan, lembaga pemerintah ataupun klub.

Gelanggang futsal Faperta yang berada di Jalan A. Yani Km 36 Kampus Faperta Unlam menjadi saksi dari partai-partai pertandingan dari 90 tim dari wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah ini. Hadiah yang besar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi tim-tim sehingga cukup banyak menyedot antusias dari tim-tim baik papan bawah atau papan atas. Juara I dengan hadiah senilai 4 juta rupiah berhasil disabet oleh tim UD Cita Rasa Banjarmasin yang juga berhasil menempatkan salah satu pemainnya sebagai best player. Di tempat ke dua adalah tim dari Polresta Banjarbaru, yang berhak mendapat uang senilai 3 juta rupiah. Sedangkan tempat ke tiga dan ke empat masing-masing ditempati oleh Tim TG FC dan Tim dari Fakultas Perikanan Unlam, yang berhak mendapat uang senilai 2 juta dan 1 juta rupiah. Sedangkan Sepatu Emas diberikan kepada salah satu pemain dari Tim TGFC yang menjadi pencetak gol terbanyak.

Posted by: Faperta Unlam | May 24, 2010

AKREDITASI PROGRAM STUDI PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

Saat ini akreditasi menjadi bagian yang sangat vital sebagai sebuah parameter mutu suatu perguruan tinggi, fakultas, ataupun program studi. Status akreditasi suatu lembaga pendidikan juga menjadi prasyarat bagi lulusannya dalam proses rekruitmen pada lembaga-lembaga pemerintah ataupun perusahaan-perusahaan BUMN dan swasta. Untuk itu suatu lembaga pendidikan sebagai lembaga pelayanan bagi mahasiswa dan masyarakat mau tidak mau harus memenuhi persyaratan ini. Di sisi lain akreditasi sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan melalui evaluasi yang berkesinambungan agar dapat terpenuhinya syarat-syarat standar sebuah lembaga pendidikan.

Untuk itu, Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, Fakultas Pertanian, pada hari Jumat dan Sabtu (21 dan 22 Mei 2010) melalui fasilitasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan proses evaluasi akreditasi. Kegiatan evaluasi ini divisitasi oleh dua orang utusan dari BAN PT yaitu: Dr. Ir. Amri Jahi, M.Sc (Institut Pertanian Bogor) dan Prof. Dr. Surya Anwar (Universitas Andalas). Kegiatan yang dilakukan selama dua hari ini meliputi beberapa tahapan evaluasi yaitu:

1. Presentasi dan diskuasi borang fakultas

2. Presentasi, verifikasi, dan diskusi borang program studi

3. Pertemuan dengan staf dosen program studi

4. Pertemuan dengan staf kependidikan

5. Pertemuan dengan mahasiswa

6. Meninjau infrastruktur dan sarana pembelajaran

7. Verifikasi data borang.

Posted by: Faperta Unlam | May 14, 2010

AKREDITASI PROGRAM STUDI AGRONOMI

Tim  Visitasi BAN PT  dari Dikti – Jakarta  tanggal 17 – 18 Maret 2010 yang diwakili oleh dua ascessor  yaitu Prof. Dr. Ir. Nursyamsi, MSc (UGM) dan Prof. Dr. Ir. Sitanala Arsyad, M.Sc (IPB), mengunjungi Fakultas Pertanian dalam rangka Akreditasi Program Studi.  Program Studi (PS) yang diakreditasi kembali atau diperpanjang akreditasinya adalah PS Agronomi,   sementara beberapa Program Studi lainnya dalam waktu dekat juga akan segera mengikuti dengan Tim BAN yang lain  antara lain PS Sosial Ekonomi dan PS Hama dan Penyakit Tumbuhan (HPT). Tujuan  akreditasi prodi yang dilakukan oleh Tim Visitasi BAN PT  tersebut adalah untuk mengevaluasi dan menilai kelayakan sebuah prodi dalam penyelengaaraan pendidikan tinggi dari berbagai aspek sumber daya (kopetensi) staf pengajar, penerapan kurikulum  pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan dan pengajaran ,  serta sistem penjaminan mutu  yang dilaksanakan di prodi dan fakultas sebagai penyelenggara kegiatan pendidikan.  Secara khusus tujuan kedatangan Tim Visitasi BAN PT yang disampaikan ascessor adalah :

  1. Melakukan verifikasi dokumen – dokemen PS Agronomi yang diperlukan dalam penilaian berbagai aspek yang diperlukan.
  2. Mendapatkan informasi yang diperlukan apabila terdapat dokumen Borang yang belum jelas, sehingga dapat segera diperbaiki dan dilengkapi.

Disampaikan oleh kedua ascessor bahwa tujuan tersebut akan mampu memberi gambaran utuh  mengenai kondisi dan apa yang sebenarnya terjadi di prodi yang bersangkutan.   Dengan demikian prodi akan dapat umpan balik (feedback) untuk segera memperbaiki  sehingga akan meningkatkan mutu pendidikan yang dilaksanakan di prodi yang bersangkutan.  Lebih lanjut dikatakan bahwa kedatangan Tim Visitasi BAN PT tidak bertujuan untuk mencari-cari kesalahan atau temuan – temuan yang merugikan prodi yang di akreditasi seperti halnya auditor, tetapi secara umum membantu memberikan solusi terhadap adanya kekurangan yang perlu dibenahi untuk meningkatkan sistem penjaminan mutu yang harus dilaksanakan di semua prodi di PT. Dalam dua hari kunjungannya Tim Visitasi BAN PT merencanakan tahapan kegiatannya sebagai berikut :

  1. Hari Pertama  :  Pagi  : Diskusi dan pemaparan Borang Fakultas Pertanian  dengan Tim Penyusun Borang Fakultas.

Siang : Diskusi dengan penyusun borang di PS Agronomi .

  1. Hari  Kedua   :  Pagi  : Diskusi  dengan semua stake holder termasuk staf pengajar, mahasiswa, verivikasi produk laporan –laporan.

Sore  : Penandatanganan Berita Acara yang nantinya akan diserahkan kepada Tim Perumus di Jakarta . Pada kesempatan itu juga dipaparkan oleh Tim Visitasi BAN PT tentang kode etik asesmen yang harus dipegang Tim Visitasi dan harus diketahui pihak PT yang di visitasi antara lain :

  1. Tim ascessor tidak boleh menerima hadiah dalam bentuk apapun dan wajib menolak serta mengembalikannya.
  2. Tim ascessor  tidak boleh menerima tawaran pembayaran hotel oleh pihak yang diakreditasi karena sudah ditanggung oleh pihak BAN PT.
  3. Tim ascessor harus menolak tawaran hiburan yang akan diberikan pihak yang di akreditasi.

Sementara itu juga harus dipatuhi adanya ketentuan-ketentuan lain yang mengikat, seperti :

  1. Tim ascessor tidak mempunyai hubungan apapun dengan PT yang di akreditasi pada 2 tahun terakhir.
  2. Bersifaf obyektif dalam penilaian sesuai bukti dan dokumen yang diperoleh.
  3. Tim ascessor harus menjaga rahasia dokumen dan penilaian yang diberikan.
  4. Tim ascessor tidak boleh menyampaikan pendapat pribadi dalam penilaian.
  5. Tim ascessor tidak boleh mengubah penilaian
  6. Tim ascessor tidak boleh menerima hadiah dalam bentuk apapun yang berindikasi sebagai hadiah.
  7. Tim ascessor tidak boleh menjadi konsultan dari PT yang diakreditasi.
  8. Tim ascessor tidak boleh mengubah data dan informasi yang ada dalam dokumen yang di akreditasi.
  9. Tim ascessor harus menghormati dan menghargai budaya lokal di PT yang di akreditasi .

Kegiatan awal yang dibuka oleh Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat di  ruang Dilmy Lantai 3 Faperta itu  sekaligus dihadiri tim penyusun Borang Fakultas Pertanian dan pejabat fakultas baik Pembantu Dekan I, II dan III.  Pemaparan Borang Fakultas juga dipresentasikan oleh Dekan Faperta  dihadapan tim ascessor Tim Visitasi BAN PT.  Dalam dua hari kegiatan berjalan dengan baik dan tim ascessor mendapatkan gambaran yang baik dan sesuai dengan dokumen-dokumen yang  diminta.  Jelas hal ini mengindikasikan  kondisi yang baik dan diharapkan hasilnya pun seperti yang diharapkan bersama, dan mendapat skor serta  penilaian akreditasi  yang baik. Selamat bagi PS Agronomi  semoga dapat lebih memacu atmosfir dan mutu pendidikan yang ada .

Older Posts »

Categories