Posted by: Faperta Unlam | March 17, 2010

WORKSHOP DAN INSTALASI ALAT PCR

Mulai bulan Februari ini sebuah alat PCR (Polymerase Chain Reaction) System telah bergabung dalam jajaran fasilitas laboratorium di Fakultas Pertanian UNLAM. Alat ini merupakan hibah yang dimenangkan dari kompetisi Program Revitalisasi Pembangunan Pertanian. PCR merupakan alat pendukung dalam bidang biologi molekuler yang dapat menganalisa karateristik DNA sehingga dapat diaplikasikan untuk pengujian kekerabatan/galur tanaman dan hewan (dapat digunakan juga dalam kasus kasus kriminal), dan juga sebagai sistem deteksi dini adanya penyakit dan patogen pada hewan atau tumbuhan.

PCR ini merupakan sebuah sistem instrumen dengan beberapa rangkaian peralatan, antara lain adalah: sebuah Thermocycler (temperature gradient), High Resolution Elektrophoresis, UV-trans beserta PCR laminar, dan juga peralatan pembuatan media agar. Alat ini juga dilengkapi dengan sistem dokumentasi dan analisis data yang canggih, sehingga sangat mudah dalam pengoperasian dan akurat dalam proses analisa data.

Untuk mendukung implementasi alat PCR dalam sistem manajemen laboratorium Fakultas Pertanian Unlam, maka pada tanggal 23-24 Februari 2010 diselenggarakan sebuah acara workshop bagi seluruh staf laboran dan dosen-dosen terkait. Sebagai pembicara adalah Ibu Elisabeth Maria (PT Sentra Biosains Dinamika – Jakarta) yang menyampaikan berbagai tip dalam pengoperasian alat serta berbagai fungsi dasar dan advance dalam aplikasi di bidang pertanian.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: