Posted by: Faperta Unlam | March 17, 2010

REUNI AKBAR ALUMNI FAKULTAS PERTANIAN UNLAM

Fakultas Pertanian Unlam didirikan pada 29 Oktober 1960 dan diresmikan 3 Oktober 1961 oleh Prof. Dr. Ir. Tojib Hadiwidjaja selaku Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan. Di usianya yang hampir setengah abad, Faperta sebagai fakultas tertua dan terkemuka yang keberadaannya bersamaan dengan diresmikannya Universitas Lambung Mangkurat sebagai Perguruan Tinggi di Kalimantan Selatan telah meluluskan lebih dari 3000 alumni yang berkiprah di berbagai sektor, antara lain sebagai birokrat (legislatif dan eksekutif), akademisi, praktisi, pengusaha BUMN dan swasta.

Pada tanggal 10-11 Maret 2010, Himpunan Alumni Fakultas Pertanian (Haftan) mengadakan Reuni Akbar untuk seluruh angkatan yang dipusatkan di Kampus Faperta Unlam yang bertemakan ”Dengan Semangat Kebersamaan Kita Tingkatkan Peran Serta Alumni Terhadap Pengembangan Almamater”. Acara ini bertujuan selain sebagi media silaturahmi (badadapatan) antar alumni yang telah sekian lama berpisah, juga tentunya yang lebih penting adalah sebagai media untuk menyumbangkan pemikiran yang konstruktif dalam mengembangkan Fakultas Pertanian, serta melibatkan peran alumni dalam pengembangan SDM Pertanian.
Selain acara badadapatan, beberapa kegiatan juga diselenggarakan sebagai sebuah rangkaian acara, antara lain: penghijauan, Pelantikan pengurus Haftan 2010-2013, Pameran pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pertanian, Urun Rembug Alumni, serta Seminar Nasional Pembangunan Pertanian dan Lingkungan. Reuni yang dihadiri hampir 1000 alumni ini juga dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Rudy Ariffin), dan juga Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Ahmad Diran) yang juga merupakan salah satu alumni. Dalam acara Urun Rembug, beberapa alumni sukses, salah satunya adalah M. Thaib Sangaji (owner produsen Ladaku) berkenan menyampaikan tip-tip dalam berwirausaha dan juga membahas kerja sama yang dimungkinkan antara stakeholder dengan Fakultas khususnya dalam pengembangan SDM.
Untuk acara Seminar Nasional yang sedianya akan dihadiri oleh Menteri Negara Lingkungan Hidup, berhubung masih dalam kunjungan negara ke Australia bersama Presiden SBY, maka Deputi Kementerian Negara Lingkungan Hidup hadir menggantikan beliau sebagai keynote speaker. Sebagai pembicara, hadir Bapak Prof. Dr. Irsal Las (Kepala Balai Besar Sumberdaya Lahan) yang menyampaikan makalah tentang pengembangan pertanian dalam rangka menghadapi global warming. Pembicara kedua adalah Dr. Ir. Bambang Setiadi (Kepala Badan Standarisasi Nasional) dengan makalah berjudul Paradigma Baru Penatagunaan Lahan dalam Menghadapi Global Warming. Acara ini dihadir hampir 1000 peserta baik dari kalangan alumni, dosen, staf dan mahasiswa.


Responses

  1. Semoga fakultas pertanian UNLAM semakin berjaya.Dan kontribusinya terhadap pertanian di indonesia sangat besar.ssukses selalu unlam

  2. Saya cari teman, alumni Faperta UNLAM ini namanya Renida Rismadewi, dulu beralamat di Jl.Anggrek (Komp.Wildan) B,masin. Klo ada yg kenal, contack ane ya? Tks.ZULMI ERDI,SH.HP.081271263240.

  3. hemmmm keren-keren,,,,ayo kita bangkitkan semangat pertanian kita,,,,karna merupakan SDA kita yang tidak akan habis jika kita kelola dengn baik,yang di kembangkan dengan SDM kita yang kita miliki…

  4. Ternyata Faperta Unlam mempunyai banyak koleksi IPTEK yg siap dikembangkan dan dibutuhkan masyarakat Kal.Sel khususnya…mudah2an keberadaannya yg hampir setengah abad (50 tahunan)…benar2..punya konstribusi yg besar terhadap pembangunan nasional…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: