Posted by: Faperta Unlam | February 1, 2010

SOSIALISASI JEPA-JEPA DI KANTIN MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN

Pada tanggal 22 Oktober 2009 telah diselenggarakan makan gratis dari jepa-jepa di kantin mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat. Acara ini terselenggara atas kerjasama Fakultas Pertanian dengan Badan Ketahanan Pangan Propinsi Kalimantan Selatan dalam rangka pelaksanaan Program Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan dan Gizi (P2KPG).

Kegiatan di atas dihadiri oleh Bapak DR. Ir. Dahrul Syah, MSc sebagai ketua Tim Pemberdayaan Perbaikan Ekonomi dan Gizi Keluarga, Pusat Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan sekaligus Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor, Ibu Nita sebagai Kepala Bidang Konsumsi Pangan, Badan Ketahanan Pangan Pusat, Bapak Apriyanto dari Badan Ketahanan Pusat, Bapak Ir. Hardy L. Mantir, MT sebagai kepala Badan Ketahanan Pangan Propinsi Kalimantan Selatan, Bapak Ir. Waluyo, MP sebagai kepala Bidang Konsumsi Pangan, Badan Ketahanan Pangan Propinsi Kalimantan Selatan, Ibu Ir. Hj. Rodinah, MS sebagai Dekan Fakultas Pertanian UNLAM serta ibu DR. Rini Hustiany, STP, MSi sebagai dosen PS Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian, UNLAM sekaligus sebagai anggota Tim Pemberdayaan Perbaikan Ekonomi dan Gizi Keluarga, Pusat Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan.

Jepa-jepa adalah makanan dari singkong yang biasa dikonsumsi dengan menambahkan lauk dan sayur. Pada kesempatan ini lauk yang ditambahkan adalah pindang kakap, ikan sepat asin goreng, ikan sepat pakasam sambal goreng, manday tiwadak goreng, manday tiwadak oseng-oseng, sayur pare dan sayur kacang panjang.
Mahasiswa PS Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian UNLAM dengan penuh suka cita mencicipi jepa-jepa yang baru dikenal oleh mereka. Ada yang mengambilnya banyak dan ada juga yang mengambilnya sedikit.

Kegiatan ini sebenarnya tidak hanya untuk satu kali pelaksanaannya saja, akan tetapi diharapkan untuk waktu selanjutnya akan ada suatu kantin yang menyediakan makanan yang berbasiskan bahan pangan lokal, seperti jepa-jepa.

Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan sosialiasi soto Banjar singkong pada tanggal 19 November 2009. Makanan ini merupakan makanan soto Banjar yang terkenal kelezatannya dengan menggantikan ketupat dengan singkong. Di daerah Pangkalanbun, Kalimantan Tengah dikenal dengan sebutan soto Manggala.


Responses

  1. makasih informasinya
    silahkan kunjungi BLOG kami http://h0404055.wordpress.com
    terdapat artikel lain yang bermanfaat, dan kalau berkenan tolong dikasi komentar. Terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: